Sunday, August 27, 2017

Komposisi dan Nilai Gizi Soyjoy Bar Banana oleh Andreas Philip Avianto Wicaksono

Snack Soyjoy Bar Banana Flavour Berat Bersih 30g.
Diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd. 2-9 Kanda Tsuka-machi Chiyodaku, Tokyo, Japan.

Per 30g:
Energi 130 kkal, Lemak 5g, Lemak Jenuh 3g, Karbohidrat 16g, Natrium 35mg.

Soyjoy cocok sebagai snack untuk diet karena mengandung tepung kedelai seutuhnya, sumber protein, serat, vitamin (B1, B2, B6, E, asam folat) dan juga mineral (kalsium, magnesium).

Belum terlihat adanya sertifikat halal. Memiliki nomor dari BPOM: BPOM RI ML 836009004190.

Komposisi:
Tepung kedelai, buah pisang (16%), kismis, mentega, telur, gula, buah nanas, maltodekstrin, kelapa, pegatur keasaman (kalsiumm sitrat), almond, vitamin D3, kulit jeruk, garam, keju, perisa identik alami pisang.

Informasi nilai gizi
Takaran saji: 30g
Jumlah sajian per kemasan: 1

Jumlah per sajian (30g)
Energi total 130 kkal (energi dari lemak 50 kkal), Lemak total 5 gram (lemak jenuh 3 gram), protein 4 gram, karbohidrat total 16 gram (Gula 12 gram), natrium (kalium) 35.
Vitamin A hanya tertulis 4% AKG, vitamin B1 bertuliskan 10%, vitamin B2 terdapat 10%, vitamin B6 bertuliskan 8% dan vitamin E bertuliskan 10%  berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Kalsium tertulis 25, besi 2%, asam folat 20%, dan Magnesium 8% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal.
Pembahasan dan Kesimpulan:
Soyjoy menonjolkan tepung kedelai sebagai bahan dasar yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kedelai sendiri memiliki banyak manfaat seperti; meningkatkan metabolisme, sebagai sumber protein nabati, menghasilkan tenaga dan sebagainya karena mengandung serat, protein nabati dan karbohidrat. Namun bila dilihat dari kandungannya, dapat dilihat serat pangan hanya 3g , jumlah protein hanya 4g dan kandungan gula mencapai 50% dari berat bersih. Jika dibandingkan dengan taglinenya sebagai snack pengganti diet dan sumber banyak nutrisi, menurut saya kurang tepat karena mengandung gula yang sangat tinggi, sumber protein yang tidak cukup tinggi melihat kebutuhan manusia akan protein mencapai 10-15% dari berat tubuh dan saya pribadi meragukan kandungan pisang/buah yang ada karena tetap menggunakan perisa buah.
Sehingga menurut saya soyjoy merupakan snack yang masih kurang ideal untuk ditetapkan sebagai snack diet.
Profil produk ini ditulis oleh Andreas Philip Avianto Wicaksono – 41150073

No comments:

Post a Comment

Ikutilah Jalan Orang Baik dan Orang Benar

Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar. Amsal 2:20 TB