Thursday, September 7, 2017

Seperti Apa Diet OCD ?

Dewasa ini banyak orang berlomba – lomba berkeinginan untuk mempunyai postur  atau bentuk tubuh yang proporsional atau ideal. Jika dilihat , memang benar banyak orang memiliki postur atau bentuk tubuh yang tidak ideal. Hal tersebut dapat dilihat semakin banyaknya populasi orang  yang mengalami obesitas , orang berperut buncit , penyakit – penyakit yang dikarenakan oleh pola hidup , dan lain – lain. 
Untuk mengatasi keadaan ini , terdapat banyak pilihan cara seperti mengubah pola hidup , berolahraga , memilih diet yang benar. Kebanyakan orang memilih untuk melakukan suatu diet untuk mengatasi hal tersebut. Pilihan ini bukan tanpa memiliki alasan. Alasan utama kebanyakan orang memilih cara tersebut karena di zaman yang sudah modern ini mayoritas orang usia produktif tidak memiliki waktu untuk mengolah tubuh mereka atau melakukan olah raga sehingga mereka memilih cara yang simpel dan dapat dilakukan dalam kehidupan sehari – hari.
Diet adalah aturan makan khusus yang ditujukan untuk kesehatan , salah satunya pengaturan berat badan. Di Indonesia , terdapat banyak metode atau pilihan diet yang dikembangkan , contohnya seperti Obsesiver Corbuzier's Diet (OCD) , diet ketogenik , diet mayo , dan masih banyak lagi. Tetapi perlu diketahui untuk melakukan suatu diet , orang tersebut harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana keadaan tubuhnya karena beberapa diet (contohnya : OCD) tidak cocok bagi orang yang mengalami penyakit gula (Diabetes Melitus). Hal tersebut dikarenakan pada diet OCD dianjurkan untuk melakukan puasa asupan makan atau minuman yang mengandung kalori.
Berolahraga adalah suatu aktivitas yang dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan dapat juga digunakan dalam membakar kalori serta memecah lemak yang ada pada tubuh manusia. Diet yang sedang dilakukan oleh seseorang akan lebih baik jika orang tersebut menyertakan olah raga dengan tujuan yang sama yaitu menurunkan berat badan ataupun membentuk tubuh menjadi lebih proporsional atau ideal. Perlu diketahui pada metode diet OCD ini memiliki konsep salah satunya adalah tidak makan pagi jauh lebih baik dibanding tidak makan malam. Terdapat sebuah studi yang ada dalam makalah yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition yang menyarankan latihan(olah raga) sebelum sarapan akan membakar 20% lemak tubuh lebih dari latihan yang sama tetapi dilakukan setelah sarapan. Pada penelitian tersebut juga diketahui bahwa orang yang berolahraga sebelum sarapan tidak mengkonsumsi kalori tambahan atau pengalaman nafsu makan meningkat pada siang hari.
Lebih lanjut membahas mengenai diet OCD , singkatnya diet ini diawali dengan berpuasa dalam waktu 16 jam dan makan selama 8 jam , selanjutnya berpuasa selama 18 jam dan makan selama 6 jam , dan masuk pada tahap yang paling berat , yaitu berpuasa selama 20 jam dengan jatah waktu makan 4 jam. Selanjutnya menerapkan pola makan puasa 20 jam dan juga diselingi puasa 24 jam puasa penuh sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Pada diet OCD ini kita tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman selama berpuasa tetapi dengan kadungan 0 kalori , contohnya seperti air putih , teh tawar , kopi tawar.
Pada diet OCD terdapat waktu puasa atau waktu tidak makan 16 , 18 , 20 jam yang memiliki arti bahwa waktu makan orang yang berpuasa tersebut adalah 8 , 6 , 4 jam (jendela makan). Hal itu berarti orang yang berpuasa tersebut diperbolehkan untuk bebas makan apa saja selama 8 , 6 , 4 jam dalam sehari. Tetapi perlu diingat saat jam makan atau jendela makan , orang tersebut tidak untuk menjadi rakus secara tiba – tiba dan jangan dilupakan untuk tidak makan pagi atau sarapan setidaknya 3 jam setelah orang yang berpuasa tersebut bangun. Jadi lebih mudahnya jika menggunakan waktu 8 jam bebas makan artinya orang tersebut dapat memulai makan jam 12 siang hingga jam 8 malam. 
Jika orang yang berpuasa pada tahap selanjutnya dan mengambil waktu makan 6 dan 4 jam , waktu mulai makan atau jendela makan bebas sesuai dengan kebutuhan orang yang berpuasa tersebut. Namun tetap perlu diingat untuk berolahraga dan tidak sarapan (setidaknya 3 jam setelah bangun tidur) , serta tidak untuk menjadi rakus secara tiba – tiba ketika jam makan atau jendela makan dimulai. Untuk jumlah berapa kali makan juga bebas tetapi tetap tidak rakus.
Kembali lagi ke olah raga , pada diet OCD ini memiliki konsep O7W atau OCD 7 minutes work out untuk melatih tubuh selama 7 menit dalam waktu sehari dan dapat diulang jika memiliki waktu lebih. Latihan O7W ini juga biasa dikenal dengan sebutan high intensive training. O7W sendiri memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa menggunakan alat apapun , mudah dan efektif , serta jauh lebih cepat dalam membakar lemak dibandingkan dengan pelatihan aerobik dan juga kardio.
Latihan ini dilakukan selama 30 detik bergerak , dengan waktu 10 detik waktu istirahat untuk transisi ke gerakan selanjutnya. Total waktu yang dibutuhkan sama seperti dengan nama O7W itu sendiri yaitu 7 menit dan dapat diulang 2 hingga 3 kali. Latihan dan gerakannya meliputi jumping jacks (melatih seluruh otot) , posisi duduk menahan tubuh di tembok (otot bawah) , push-up (otot atas) , perut crunch , naik turun kursi atau tangga (seluruh otot) , squad (otot bawah) , trisep dengan kursi (otot atas) , plank (keseimbangan otot) , lari di tempat (kardio) , lunge (otot bawah) , push-up dan rotasi (otot atas) , side plank (seluruh tubuh). 
Untuk melakukan sebuah diet mudah saja jika memiliki motivasi , komitmen , dan tujuan yang ingin dicapai. Semua dapat diawali dengan komitmen yang anda buat sendiri. Jadi , mudah saja kan untuk menurunkan berat badan sekaligus membentuk badan ?

Daftar Pustaka :

PDF OCD : OBSESIVE CORBUZIER'S DIET : http://ayobelanjabaju.com/wp-content/uploads/2013/10/diet-ocd-by-ayobelanjabaju-com.pdf  diakses pada 6 September 2017 

Ramayulis , Rita. 2014. Slim is Easy . Jakarta : PENEBAR PLUS+ (PENEBAR SWADAYA GRRUP)

Jurnal PRESPEKTIF OCD DI KALANGAN PRAKTISI KESEHATAN DAN OLAHRAGA ditulis oleh I Ketut Semarayasa.Universitas Pendidikan Ganesha.

Artikel ini ditulis oleh Adrian Ega M.S. - 41150001

No comments:

Post a Comment

Ikutilah Jalan Orang Baik dan Orang Benar

Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar. Amsal 2:20 TB