Thursday, September 7, 2017

DIET MAYO

DIET MAYO - Kata "Diet" bagi sebagian orang berarti suatu upaya yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan demi mewujudkan proporsi tubuh yang ideal. Ternyata diet memiliki makna atau arti kata yang lebih luas lagi. Menurut laman wikipedia, Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Selain untuk tujuan menurunkan berat badan, diet juga berarti mengatur asupan nutrisi tertentu. Hal ini sejalan dengan pendapat seorang ahli bernama Hartono (2000) yang menyebutkan bahwa diet adalah pengaturan jenis dan jumlah makan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu penyembuhan penyakit. Berbagai tujuan yang ada menyebabkan konsep diet berkembang menjadi bebagai macam atau jenis tertentu dalam mewujudkan kebutuhan yang sesuai bagi setiap individu.
Meski demikian, mewujudkan proporsi tubuh yang ideal merupakan tujuan yang paling sering diambil oleh seseorang dalam memutuskan langkah untuk melaksanakan program jenis diet tertentu. Terdapat banyak jenis diet yang dirancang oleh sekelompok orang dan tidak jarang menjadi populer karena keberhasilan dari hasil program yang dijalankan. Namun, kita tentu saja harus cermat dalam mengenal dan memilih jenis diet yang akan dilakukan. Salah satu jenis diet yang terkenal dan sering dipilih oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat adalah Diet Mayo.
Diet Mayo adalah jenis diet berfokus pada membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Program diet mengurangi berat badan ini pertama kali diperkenalkan oleh Perusahaan Mayo Clinic's USA di Amerika serikat. Diet Mayo merupakan serangkaian program diet yang dilaksanakan dalam kurun waktu 13 hari. Program Diet Mayo dapat menjanjikan seseorang yang menjalani mengalami penurunan berat badan hingga 7 kg dalam 13 hari. Namun, secara teknis ketika seseorang gagal menjalankannya dalam 1 hari saja diantaranya, maka ia harus mengulangi program tersebut dari awal.
Untuk menjalankan program diet mayo terbilang sederhana dan mudah, karena diet ini hanya berfokus pada pengaturan pola makan dan minuman yang dikonsumsi selama 13 hari, tetapi aktivitas yang dilakukan tetap seperti biasanya. Komponen terpenting yang ditekankan dalam prgram diet ini ialah membatasi garam atau yodium, sehingga jika kita melihat menu yang dirancang pada beberapa menu program diet mayo clinic USA, makanan yang disajikan cendrung dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang dan tentu saja diolah tanpa garam. Terdapat juga batasan untuk jam makan terakhir ialah pukul 18.00.
Pembatasan konsumsi karbohidrat akan menyebabkan intake sumber energi utama menjadi menurun.  Penyimpanan glukosa dalam dalam jaringan tubuh yaitu glikogen akan diurai untuk kemudian dijadikan bahan bakar dalam beraktivitas. Lalu ketika cadangan glikogen habis, maka tubuh akan mengurai zat-zat lainnya yaitu berupa lemak ataupun protein untuk dijadikan sumber energi. Ketika lemak dan protein digunakan tubuh untuk menjadi sumber energi secara konstan, maka secara tidak langsung akan menyebabkan tubuh kehilangan massa secara drastis karena zat yang digunakan menyusun jaringan tubuh hanya digunakan untuk menjadi bahan bakar.
Selain pengurangan karbohidrat, pembatasanan konsumsi garam juga salah satu yang menyebabkan penurunan berat badan. Garam bersifat mampu mengikat molekul air dan mampu menjaga keseimbangan cairan di tubuh.  Ketika jumlah garam yang beredar di dalam tubuh menjadi sedikit, maka tubuh akan cendrung kehilangan banyak cairan. Pada seseorang yang menjalani program diet mayo akan menjadi sering buang air kecil, oleh karena garam yang merupakan senyawa elektrolit pengikat air di dalam tubuh berkurang. Sehingga air akan lebih mudah dieksresikan melalui urin. Karena tidak ada air yang terikat dan frekuensi buang air kecil yang bertambah, seseorang akan mengalami penurunan badan yang drastis akibat kehilangan cairan tubuh. Namun pada menu diet, pembatasan konsumsi garam harus diimbangi dengan konsumsi air yang lebih banyak agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga.
Program diet mayo hanya membatasi kalori yang masuk tanpa ada perubahan gaya hidup, jadi secara keseluruhan penurunan berat badan secara drastis  yang terjadi hanya disebabkan oleh pembatasan intake kalori dan zat nutrisi tertentu dalam jangka waktu 13 hari. Ketika program dietnya selesai dan pengaturan makannya kembali seperti biasa, maka otomatis berat badan akan kembali  perlahan-lahan seperti semula. Sejalan dengan pendapat dari beberapa peneliti,  diet ini disebut juga fad diet yang berarti belum dapat dibuktikan manfaatnya bagi kesehatan dan belum meberikan efek yang jangka panjang.
Sehingga perlu diperhatikan, bagi seseorang yang ingin melakukan mengambil keputusan untuk menjalankan program Diet Mayo, sebaiknya hanya untuk kepentingan jangka pendek saja. Pembatasan nutrisi tertentu seperti karbohidrat dan garam dalam jangka waktu yang lama mungkin akan mengakibatkan hal yang buruk terjadi tubuh pada seseorang. Menjalani diet mayo untuk jangka waktu yang lama tidak terlalu disarankan, karena sifatnya yang membatasi jenis zat gizi tertentu dan kalorinya yang sedikit menyebabkan Anda rentan mengalami kekurangan zat gizi.
Artikel ini ditulis oleh Ruth Deas Muliany - 41150034

Sumber:

How the Diet Plan Works | The Mayo Clinic Diet diakses pada laman diet.mayoclinic.org pada tanggal 3 september 2017

Diet diakses pada laman id.wikipedia.org pada tanggal 4 september 2017

"Fad Diet" diakses pada laman lifestyle.kompas.com pada tanggal 4 september 2017

DR. OZ Resep Menu Diet Mayo Ala Indonesia diakses pada laman drozindonesia.us pada tanggal 5 september 2017

No comments:

Post a Comment

Ikutilah Jalan Orang Baik dan Orang Benar

Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar. Amsal 2:20 TB