Thursday, September 7, 2017

General Motors Diet

 Jika mendengar kata diet maka sebagian besar orang akan berpikir mengenai pengurangan kalori serendah-rendahnya untuk menurunkan berat badan atau yang sering disebut dengan VLCD (Very Low Calorie Diet). Namun sebenarnya metode diet yang ada sangatlah bervariasi diantaranya adalah Diet Mayo, Diet OCD, Diet Ketogenik dan masih banyak lagi.

Seringkali kita melihat banyak iklan di media sosial yang menawarkan produk dan berbagai metode diet yang dapat menurunkan berat badan 5 sampai 8 Kg dalam satu minggu. Kemudian benarkah penurunan yang sangat signifikan tersebut dapat terjadi dalam rentang waktu hanya satu minggu? 

Ternyata terdapat salah satu metode diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan 5 hingga 8 kg dalam rentang waktu satu minggu, metode  ini dinamakan "General Motors Diet". Pada awalnya, diet General Motors diperuntukkan bagi karyawan perusahaan General Motors untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan mencapai kualitas hidup yang lebih sehat. Program Diet GM ini dikembangkan bersama dengan Departermen Pertanian, Pangan, dan Kesehatan yang telah di uji di Johns Hopkins Research Center.  Diet  GM pada awalnya juga dimaksudkan untuk fungsi detoksifikasi atau merupakan program kesehatan yang dapat membersihkan tubuh dari racun sehingga dapat memperbaiki perasaan dan sikap individu. Selain itu,  dikatakan bahwa diet GM juga membuat seseorang merasa lebih sehat dan pastinya lebih kurus.

Prinsip dari pelaksanaan  dari Diet GM ini adalah dengan mengasumsi makanan dalam sebuah perencanaan. Sehingga menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori daripada mengonsumsi makanan yang tersedia. Menjaganya keseimbangan antara intake kalori dengan kalori yang keluar akan mencegah penyimpanan lemak tubuh dan memaksa tubuh untuk membakar lemak menjadi tenaga.

Diet ini menyadarkan individu akan pentingnya buah dan sayur dalam proses metabolisme tubuh. Kemudian pada diet GM ini juga diperlukan rehidrasi yang cukup. Oleh karenanya, salah satu persiapan untuk menjalani diet GM adalah dengan cara mengonsumsi air putih setiap harinya. Dengan minum air sepanjang harinya maka akan meningkatkan energi dan metabolisme tubuh, selain itu juga dapat membantu untuk mencegah rasa lelah, nyeri otot atau tubuh yang mudah kepanasan akibat penurunan berat badan secara cepat.  Pada diet GM juga terdapat suatu pantangan sebelum memulainya dengan tidak mengonsumsi alkohol, karena dapat memicu retensi cairan yang ada didalam tubuh.

Pola makan Diet General Managers dibuat dari hari pertama hingga hari ketujuh, dengan menu sebagai berikut :
·         Hari pertama hanya di perbolehkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti buah melon dan semangka yang memiliki kandungan air dan serat yamg tinggi sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, namun buah pisang harus dihindari.
·         Hari kedua hanya diperbolehkan mengonsumsi sayuran, baik mentah maupun matang. Pilihan lainnya juga dapat menambahkan kentang sebagai sumber makanannya. Bisa dimasak dengan cara tumis, sup, rebus, maupun dibuat pecel, akan tetapi dengan syarat penggunaan bumbu kacang harus dibatasi.
·         Hari ketiga konsumsi yang diperbolehkan adalah kombinasi buah dan sayur, dan tidak dikenai batasan porsi dalam konsumsi sayur dan buah tersebut. Akan tetapi untuk konsumsi buah pisang sendiri harus dihindari.
·         Hari keempat diperbolehkan dan dianjurkan untuk mengonsumsi pisang sampai dengan 8 buah dan minum susu rendah lemak sebanyak kurang lebih tiga gelas. Bagi seseorang yang mengalami intoleransi laktosa dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai.
·         Hari kelima, konsumsi yang di perbolehkan adalah daging dan tomat sebanyak 500 gram daging sapi dan 6 buah tomat. Daging sapi bisa diganti daging ayam tanpa kulit, dan bagi vegetarian dapat mengonsumsi tempe dan tahu sebagai ganti daging.
·         Hari keenam konsumsi daging dan sayuran diperbolehkan dengan porsi keduanya tidak dibatasi. Namun, tidak diperbolehkan mengonsumsi nasi atau makanan lain.
·         Hari ketujuh, pola makan dikembalikan perlahan ke pola makan biasa dan menunya dapat beras merah, jus buah serta sayuran.

Terdapat neberapa anjuran dalam menjalani diet General Motor antara lain, menikmati sayuran dalam bentuk salad tanpa saus maupun dressing salad, kemudian memilih sayuran yang disukai, menggunakan bahan herbal seperti lemon dan bawang putih sebagai perasa, serta penggunaan minyak diusahakan sangat sedikit yaitu sekitar satu sendok teh. Sedangkan pantangan atau larangan terbesar dalam menjalani diet GM adalah ketidakpatuhan sehingga menjadikan diet tidak efektif, dan efek terburuknya adalah peningkatan berat badan. Diet GM harus dijalankan sesuai jadwal tanpa ada satu haripun terlewatkan.
Kemudian hal yang perlu di perhatikan lagi adalah adanya efek tidak nyaman karena perubahan pola makan, namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan berolahraga, konsumsi banyak air, dan waktu tidur yang cukup.
Namun, nampaknya Diet GM ini masih dinilai menuai pro dan kontra. Sisi negative dari metode Diet General Motors adalah kurangnya penelitian, karena sejauh ini ulasan mengenai diet GM hanyak dilakukan oleh lembaga-lembaga dan bukan jurnal resmi penelitian yang dipublikasikan. Selain itu, diet General Motors juga dinilai tidak mengikuti aturan gizi yang sembang, dimana dalam pemenuhan makro (protein, karbohidrat, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) nutrien yang tidak sesuai.

DAFTAR PUSTAKA

Abdul G. 2015. Mau langsing tanpa harus menahan lapar? Coba deh DGM. Diakses melalui www.bintang.co pada tanggal 6 September 2017
Kosasih, Hilda dan Christy, Vera. 2016. GM Diets.  Diakses melalui cdc.binus.ac.id  pada tanggal 6 September 2017.
Yulianti F. 2016. Kamu mau diet GM? Ini larangan dan anjurannya. Diakses melalui www.gulaliives pada tanggal 6 September 2017

Artikel ini ditulis oleh Isabella D.A. Laraswati - 41150053



No comments:

Post a Comment

Ikutilah Jalan Orang Baik dan Orang Benar

Sebab itu tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar. Amsal 2:20 TB